HomeNasionalPresiden Minta Tarif LRT Jabodebek Disubsidi

Presiden Minta Tarif LRT Jabodebek Disubsidi

Published on

spot_img


PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan perlu ada subsidi tarif atau public service bligation (PSO) untuk Lintas Rel Terpadu (LRT). Subsidi juga harus diterpakan untuk semua transportasi umum.

“Baik yang namanya kereta bandara, baik yang namanya TransJakarta, baik yang namanya KRL, baik yang namanya kereta api, baik yang namanya LRT, baik yang namanya MRT, baik yang namanya kereta cepat semuanya harus ada subsidinya,” ujar Presiden Jokowi usai menjajal LRT Jabodebek, di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).

Presiden menjelaskan dengan adanya subsidi tarif mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan tranportasi umum. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ihwal besarnya subsidi.

Baca juga: Jokowi Pastikan Pemerintah Beri Subsidi untuk Tiket LRT dan Kereta Cepat

“Biar dihitung nanti secara teknis. Masa presiden disuruh ngitung-ngitung seperti itu,” tuturnya.

Menhub Budi Karya Sumadi, membocorkan perkiraan tarif LRT Jabodebek. Tarif berada di kisaran Rp20 ribu-Rp25 ribu.

Baca juga: Jokowi Pastikan LRT Jabodebek Dioperasikan untuk Umum 26 Agustus 2023

 

“Kalau dengar-dengar bocorannya ya antara Rp20 ribu-Rp25 ribu kira-kira,” katanya dalam konferensi pers di Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas belum lama ini.

Tarif tersebut belum pasti. Budi menyebutkan pemerintah masih melakukan perhitungan dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat. Pemerintah juga menyertakan subsidi untuk tarif LRT Jabodebek. 

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menjelaskan bahwa angka tarif Rp25.000 berlaku untuk rute paling jauh, yakni dari Stasiun Harjamukti Cibubur sampai Stasiun LRT Jati Mulya Bekasi. 

Sedangkan estimasi terendah adalah Rp5.000 yang berlaku pada kilometer pertama, lalu Rp700 per kilometer berikutnya. (Z-10)





Source link

Latest articles

154 Orang Tak Lulus SKD CPNS Unkhair Ternate – tandaseru.com

Tandaseru -- Universitas Khairun Ternate,...

Siap Amankan Kampanye, Begini Penekanan Kapolres Halmahera Utara ke Jajaran – HalmaheraPost.com: Cerdas Menginspirasi

Tobelo - Polres Halmahera Utara, Maluku Utara telah siap mengamankan tahapan kampanye Pemilu...

More like this