HomeMaluku UtaraPemkot dan Kampus UMMU Teken MoU Kolaborasi Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif

Pemkot dan Kampus UMMU Teken MoU Kolaborasi Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif

Published on

spot_img


TERNATE, Beritamalut.co — Pemerintah Kota Ternate bersama Universitas Muhamadiyah Maluku Utara (UMMU) melaksanakan penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Dalam Mengatasi Permasalahan Sampah Kota Ternate.

MoU diteken oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman bersama Rektor UMMU, Prof Dr Saiful Deni bertempat di lantai 3 gedung Rektorat, Jumat (11/8/2023) pagi tadi.

Selain Penandatanganan MoU, Wali Kota Ternate juga berkesempatan memberikan materi kuliah umum tentang Kolaborasi Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif.

Tauhid menyampaikan, Ternate merupakan kota yang kecil, namun terus mengalami perkembangan.

Selain bertambahnya kawasan permukiman, juga pada ketersediaan lahan, kemudian air bersih dan sampah yang menjadi masalah secara bersama.

“Untuk itu kita butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi. Sehingga kita juga butuh masukan dari kampus UMMU, agar permasalahan kota terutama sampah bisa teratasi,” kata Wali Kota.

Sebagai lembaga intelektual, kata Tauhid, kampus dapat memberikan kontribusi positif dalam berbagai program dan kebijakan pemerintah.

Sehingga diharapkan UMMU ikut bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi berbagai problem perkotaan terutama penanganan sampah, yang sudah disusun dalam program Penanganan Sampah Berbasis Partisipatif.

Untuk menangani masalah sampah itu, Ketua DPD NasDem Kota Ternate itu menambahkan, Pemerintah Daerah terus berupaya agar Ternate bebas dari sampah. Maka Tentunya, untuk menanggulangi masalah sampah, butuh keterlibatan semua pihak termasuk peran mahasiswa dan masyarakat.

“Karena Pemerintah Kota, telah berkomitmen melalui visi misi untuk mengatasi masalah sampah dengan metode kolaborasi. Ini bagian bentuk komitmen kita, agar Ternate bersih dari sampah maka butuh kerja sama semua pihak terutama UMMU,” terangnya.

Sementara Rektor UMMU, Prof Dr Saiful Deni juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkot yang telah memilih UMMU untuk menyampaikan materi kuliah umum.

“Sebagai wadah Kolaborasi, UMMU tetap siap berkolaborasi berkelanjutan, sehingga terciptanya iklim akademik yang baik di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Disisi lain, UMMU juga membutuhkan asupan dan perhatian dari Pemerintah Kota, sehingga dengan adanya penandatanganan Kerjasama ini, sebagai fokus kolaborasi yang berkelanjutan.

“Tentunya, kami dari pihak Kampus (UMMU) juga akan berkontribusi dengan melibatkan program studi teknis dalam mengelola sampah di kabupaten kota, termasuk Kota Ternate,” tambahnya. (Uku)



Source link

Latest articles

2023, 90 Orang di Maluku Utara Tewas di Jalan Raya – tandaseru.com

Tandaseru -- Sepanjang Januari hingga...

BRI Terus Tingkatkan Layanan Nasabah di Kepulauan Sula

Ternate, malutpost.id — -Bank Rakyat Indonesia terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik di...

More like this

2023, 90 Orang di Maluku Utara Tewas di Jalan Raya – tandaseru.com

Tandaseru -- Sepanjang Januari hingga...

BRI Terus Tingkatkan Layanan Nasabah di Kepulauan Sula

Ternate, malutpost.id — -Bank Rakyat Indonesia terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik di...